Shear Blog - Mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sangat baik bagi kesehatan jantung. Selain untuk jantung, dengan membiasakan diri mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kebutaan yang berkaitan dengan usia.
Penelitian yang dilakukan William G. Christen Harvard Medical School di Boston Amerika Serikat menunjukkan, konsumsi ikan yang mengandung omega 3 secara signifikan dapat menurunkan risiko terkena Age-related Mucular Degenerations (AMD).
Christen mengkaji data 38,022 wanita yang sebelumnya tidak mengalami kebutaan akibat penuaan. Riset ini juga merupakan salah satu bagian dari penelitian jangka panjang bertajuk Women's Health Study.
Pola diet para wanita ini diteliti melalui wawancara di awal penelitian, termasuk di dalamnya informasi mengenai asupan asam lemak DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) -- asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan. Penelitian juga melacak konsumsi asupan AA (arachidonic acid) dan asam linoleat yang merupakan asam lemak omega-6. Setelah pemantauan selama sekitar 10 tahun, peneliti menemukan 235 kasus AMD di antara para responden.
Riset, yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Ophthalmology ini menemukan bahwa wanita yang paling banyak mengonsumsi DHA tercatat berisiko 38 persen lebih rendah mengidap AMD ketimbang mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah terendah.
Konsumsi satu atau lebih sajian ikan mengandung omega 3 dalam seminggu, dibandingkan dengan asupan satu sajian ikan per bulan, berkaitan dengan 42 persen risiko lebih rendah mengalami AMD.
Sumber : Kompas.com




0 comments:
Post a Comment